Kemendagri Raih Dua Rekor Dunia Dari MURI dan LEPRID

By Admin

nusakini.com--Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendapatkan dua rekor dunia dari lembaga Museum Rekor Indonesia (MURI) dan Lembaga Prestasi Rekor Dunia (LEPRID) untuk ketegori jalan sehat masal menggunakan topi bernuansa merah putih terbanyak. 

Pemberian rekor ini dalam rangkaian acara memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 72. Tercatat ada 8035 peserta yang hadir dalam acara Apel Akbar ASN dan Jalan Sehat yang dimulai dari Lapangan Banteng dan berkahir di Gedung Kemendagri. 

“Dalam rangka HUT RI ke 72 BNPP, IPDN, ASN Pemda DKI dan keluarga besar Kemendagri hari ini mengadakan apel pagi, jalan sehat dan menyanyikan lagu revolusi mental terbanyak seluruh dunia,” kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, Rabu (16/8). 

Tjahjo Kumolo mengatakan ini adalah puncak dari rangkian acara peringatan HUT RI. Menurutnya ini diikuti oleh 8035 yang memecahkan rekor MURI dan Leprid. 

“Tadinya kita mau buat hari minggu dengan melibatkan anak istri, tapi karena waktunya mepet sehingga diikuti oleh pegawai saja,” ujar Tjahjo. 

Kebanggaan tersendiri karena dalam apel ini juga Kemendagri meraih rekor sebagai peserta terbanyak untuk menyanyikan lagu revolusi mental. Dikatakan Tjahjo baru kali ini terjadi karena sebelum-sebelumnya hanya lagu Indonesia raya. 

“Intinya kita ingin membangun kebersamaan, gotong royong dan disiplin,” tutupnya. 

Diketahui rekor ini adalah rekor pertama, karena sebelumnya belum pernah ada kegiatan sejenis yang tercatat di Leprid dan MURI. Jumlah peserta 8035 ini adalah jauh di atas syarat minimal yang bisa tercatat sebagai rekor dunia yang hanya 250 peserta.⁠⁠⁠⁠(p/ab)